Welcome to My Blog

Tempat untuk menulis curahan hati dan ide-ide bisnis yang cemerlang namun sebagian besar tidak pernah terealisasikan, karena keterbatasan dana dan nyali hihihi..

Senin, 07 Mei 2012

07.05.12 Ide Bisnis 2 : Terima Titipan Belanja

Pukul 13.47 WITA, setelah makan siang dengan tekun, sambil menunggu email masuk, saatnya menulis lagi, walaopun ngantuk banget.
Ok, lets move on to the topic. Ide Bisnis 2 : Terima Titipan Belanja. Jadi begini, sejak 5 taun lalu, saya dapat penempatan kerja di Biak Papua. Kota pulau yang sepi dan tidak banyak hiburan. penduduknya sedikit dan saling mengenal satu sama lain. Pokoknya hidup di Biak cenderung membosankan. Nah saya di tempatkan sebagai controller di salah satu perusahaan yang merupakan bentukan dari hasil kerjasama antara perusahaan tempat saya bekerja dengan pemda Kab. Biak. Setiap 2,5 bulan sekali saya cuti ke Bogor selama 2 minggu. Pada awalnya waktu saya cuti, banyak sekali karyawan d Biak maupun tetangga sekitar rumah di Biak, ingin menitip belanja barang-barang seperti laptop, kamera, hp and so on. Sebagai orang yang baik dan benar pastinya saya tidak keberatan untuk itu. Cuti berikutnya pun sama seperti itu, sehingga akhirnya menjadi tradisi setiap saya cuti, maka saat kembali ke Biak, bawaan saya bisa sangat banyak,  sehingga saya tidak bisa berpenampilan seperti eksekutif muda yang hanya membawa tas laptop dan satu buah koper kecil hihihi..
Akhirnya saya terfikir untuk mengkomersilkan hal ini, jadi setiap ada yang menitip barang, saya akan survey mencari harga termurah dan saya niatkan bahwa saya tidak lagi menerima titipan barang tapi saya MENJUAL barang sama mereka. dari situ saya bisa mendaptkan keuntungan jualan. misalnya ada yang menitip membeli laptop, saya akan carikan yang paling murah dari spek yang sama, eits tapi kualitas tetap saya nomersatukan loh. Alhamdulilah sampai saat ini hampir semua yang pernah menitip membeli barang sama saya merasa puas baik dari sisi harga maupun dari sisi pemilihan barang, jadinya mereka tidak pernah kapok untuk titip sama saya. Kadang saya juga membawa beberapa barang unik saat kembali ke Biak, dan lumayan alhamdulilah selalu laku dan habis. Yah bisnis ini bisa dilakukan bila memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :
  • Lokasi kerja / penempatan kita jauh dari pusat kota, kalo bisa seperti saya, jauh banget dari ibukota dan aksesnya juga sulit dan mahal.
  • Kita bisa rutin belanja ke Jakarta, seperti saya, minimal 3 bulan sekali mudik.
  • Kalo bisa kita tau perkembangan trend di luar, trend laptopkah, trend asesories, trend baju dll. Kebetulan saya cukup tau soal komputer dan perkembangannya, demikian juga soal Hp, jadi kadang saya dijadikan tempat konsultasi dulu bahkan beberapa orang mempercayakan saya untuk memilih barang yang terbaik.
yah walopun bisnis ini tidak rutin saya lakukan, kecuali pada saat cuti saja, tapi alhamdulilah ko keuntungannya, minimal bisa menutup biaya pengeluaran selama saya cuti.

update : hmm.. Bapak kost di Biak kemarin telpon mo titip 3 unit laptop untuk dikantornya, saatnya berburu di kaskus..ups..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar